8 Tips Desain Interior yang Menenangkan Bagi Pasien!
- Madtive Studio
- Rabu, 03 Agustus 2022
Klinik Anda adalah tempat penyembuhan dan pintu gerbang menuju kehidupan yang lebih baik bagi pasien Anda. Memperhatikan desain klinik Anda sehingga dapat mengubahnya menjadi tempat yang menenangkan yang dapat membantu pemulihan mereka sehingga membuat mereka lebih mudah menerima perawatan yang Anda berikan. Berikut adalah beberapa cara anda dapat mencapai hal ini!
1. ‘Personalise’ The Design…
Elemen yang paling penting untuk klinik dokter adalah Customisation. Ini berarti desain dan tampilan klinik Anda harus terkait langsung dengan jenis layanan yang Anda berikan. Misalnya, klinik dokter anak dapat berwarna cerah dan menyelenggarakan mainan dan permainan sementara klinik dokter ortopedi harus fokus pada kemudahan akses di semua titik di dalam klinik. Karena desain klinik dokter sangat tergantung pada sifat pekerjaan, seseorang harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut saat merancang klinik.
-
Berapa ukuran dan jumlah ruang yang tersedia?
-
Berapa banyak kunjungan pasien yang Anda harapkan dalam sehari atau dalam waktu tertentu? (untuk memperkirakan kapasitas tempat duduk)
-
Apakah ada spesialisasi untuk praktik ini (seperti kedokteran gigi)?
-
Apakah peralatan klinik intensif untuk diagnosis atau perawatan?
2. Pintu Masuk
Pintu masuk ke klinik Anda adalah aspek penting yang sangat membebani kenyamanan yang dialami oleh pasien Anda. Sebuah pintu besar dianjurkan agar mereka dapat masuk dengan nyaman dengan ruang yang memadai bagi seseorang yang menemani mereka. Jika memungkinkan, kemungkinan jalan atau semacam sistem pendukung harus dipertimbangkan, terutama jika ada tangga. Penting untuk memastikan bahwa pintu masuk tidak sempit.
3. Pelayanan
Dimungkinkan untuk membuat orang merasa seperti mereka berdiri di ambang pintu menuju kehidupan yang lebih baik dengan memberikan perhatian yang memadai pada area penerimaan klinik Anda. Akan sangat baik untuk memanfaatkan potensi kesan pertama untuk menciptakan rasa disembuhkan.
Meja dan perabotan lain yang digunakan di area resepsionis harus sederhana, rapi dan kokoh untuk menunjukkan kualitas. Mereka juga harus berada pada ketinggian yang nyaman sehingga pasien dapat dengan mudah mendekati resepsionis Anda. Pengaturan yang nyaman harus dibuat sehingga mudah untuk mengisi formulir dll.
4. Jadikan Penantian Itu Sepadan...
Ruang tunggu mungkin adalah bagian dari klinik Anda yang memiliki potensi tertinggi untuk membuat pasien Anda merasa nyaman. Ini karena mereka sadar akan detik-detik yang berdetak, di sini juga mereka secara aktif terlibat dengan lingkungan sekitarnya.
Tempat duduk harus direncanakan sedemikian rupa sehingga ada keseimbangan yang optimal antara kenyamanan, menyediakan ruang pribadi dan memanfaatkan ruang yang tersedia sebaik mungkin. Pencahayaan harus cukup terang untuk memfasilitasi aspek operasional tetapi tidak terlalu terang karena ini dapat menambah ketidaknyamanan pasien.
Furnitur harus akomodatif tidak hanya tempat duduk tetapi juga aspek lain seperti menyimpan bahan bacaan (majalah, surat kabar, buku), memajang poster dan menyebarkan informasi.
Skema warna harus santai, cerah dan lapang, tergantung pada jenis klinik. Gunakan karya seni dengan warna yang menenangkan. Memiliki beberapa tanaman indoor juga membantu menjaga lingkungan tetap bersih dan menenangkan.
5. Jangan Berkompromi Dengan Peralatan...
Selama pemasangan peralatan Anda, penting untuk memastikan bahwa penempatannya dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan ruang yang memadai untuk berjalan-jalan dan menyesuaikan peralatan saat diperlukan.
“Kabel dan Peralatan yang digunakan, perlu ditangani dengan rapi sehingga orang tidak tersandung dan memberikan kesan yang Clean.”
Juga harus ada area di mana peralatan dapat disimpan saat tidak digunakan. Ini penting karena harus aman.
6. Pencahayaan yang Tepat!
Pencahayaan adalah aspek desain yang cukup penting. Ini mengasumsikan lebih penting di klinik dokter karena harus memenuhi dua jenis tujuan - utilitarian serta menciptakan dampak visual.
Pencahayaan di ruang observasi atau pemeriksaan dan ruang perawatan harus terang. Berdasarkan kebutuhan, lampu fokus juga dapat dipasang. Ini mungkin diperlukan di kantor dokter gigi atau di klinik oftalmologi.
“Pencahayaan di ruang tunggu bisa kurang terang untuk membangkitkan rasa ketenangan di antara pasien Anda saat mereka menunggu.”
Jika klinik Anda kecil atau ada area di mana beberapa layanan dapat disediakan, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang lampu di mana kecerahannya dapat disesuaikan tergantung pada persyaratan pada waktu tertentu.
7. Perhatikan Warna...
Telah terbukti berkali-kali bahwa warna jika digunakan dengan tepat, dapat digunakan untuk memengaruhi suasana hati orang secara tidak sadar. Ini dapat digunakan dengan menekankan pada skema warna dan jenis cat yang digunakan di klinik Anda.
Nuansa sederhana, terang, dan monotonik seperti putih, krem, krem, dan putih pudar adalah pilihan netral untuk dipertimbangkan. Jika Anda ingin berbuat lebih banyak, yang terbaik adalah tetap menggunakan nuansa pastel seperti hijau muda. Ini juga akan memusatkan perhatian pasien pada tampilan yang Anda pasang.
Furnitur dapat diwarnai sedemikian rupa sehingga sangat kontras dengan dinding dan lantai. Nuansa gelap dan seragam direkomendasikan untuk memproyeksikan gambar stabilitas dan konsistensi. Bereksperimen dengan warna di klinik dokter dapat dilakukan pada barang-barang dekoratif atau karya seni. Ini bisa berani tetapi ini bukan kebutuhan mutlak.
8. Jangan Abaikan Lantai...
Klinik dokter gigi atau dokter umum harus mematuhi aturan sanitasi dan kebersihan yang ketat. Lantai di klinik ini harus sering dibersihkan, Pilihlah lantai yang tidak terlalu licin, terutama jika klien Anda adalah anak-anak atau orang tua.
Fokus Anda sebagai dokter idealnya adalah pada diagnosis dan perawatan pasien Anda. Namun, desain dan suasana klinik Anda dapat membantu pasien Anda menjadi tenang, sehingga membuat mereka lebih mudah menerima perawatan yang Anda berikan.
Tag
Manajemen